Oleh: akurprihartanto | Juli 28, 2008

Uah . . . . .

<!– @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } –>

Uah . . . . . . . .

Tidak terasa sudah semester 4, aku kuliah di jurusan Teknik Fisika. Berikut ini adalah mata kuliah yang sudah aku ambil, yah buat review lah . . . . . . .

Semester_1

Fisika Dasar I

Probabilitas dan Statistika

Praktikum Statistika

Kalkulus I

Bahasa Inggris

Kimia Dasar

Gambar Teknik

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Pancasila

Semester_2

Fisika Dasar II

Kalkulus II

Matriks dan Vektor ruang

Praktikum Fisika

Elektronika

Pemrograman Komputer

Perancangan Gambar Teknik

Thermodinamika

Pendidikan Kewarganegaraan

Sistem Pengukuran

Semester_3

Fenomena Gelombang

Fisika Modern

Matematika Teknik I

Mekanika Fluida

Metode Numerik

Praktikum Pemrograman Komputer

Praktikum Elektronika

Rangkaian Listrik

Sistem Digital

Ilmu Bahan Teknik

Akustika

Semester_4

Elektromagnetika

Dinamika Siatem

Matematika Teknik II

Perpindahan Panas dan Massa

Radiasi Visual

Teknik Tenaga Listrik

Falsafah Ilmu Pengetahuan

Kontrol Otomatis

Wah . . . kuliah di Teknik Fisika kok kayaknya umum banget ya, mata kuliahnya kok dasar banget. Ya iya sih . . . . masak ya iya dut . . . . Soalnya memang belajar di Teknik Fisika adalah belajar bagaimana dapat mengaplikasikan ilmu Fisika dalam melakukan perancangan suatu teknologi . Dengan dasar Fisika dan Matematik yang kuat, maka dapat dilakukan analisis yang mantab dalam melakukan perancangan suatu teknologi. Contohnya ni, dalam perancangan suatu Sistem Kendali Otomatis, diperlukan analisis yang mantab mengenai sistem yang akan dikontrol, dan itu butuh banget sama yang namanya Fisika, Kalkulus, Matematika Teknik, Mekanika Fluida, uih . . . . . . Jika sistem udah dianalisis, nanti bakalan tahu bagaimana karakteristik suatu sistem tersebut, apakah sistemnya stabil, sistem tipe berapa, dan orde berapa. Habis intu baru dapet ditentuin sistem kendali yang akan digunakan.

Nah, , , mata kuliah nyang di atas tu baru mata kuliah wajibeg, belum milih konsentrasinya (mungkin semester depan ni bakalan milih). Di Teknik Fisika, kita bisa milih konsentrasi ke Energi, Instrumentasi, Proses, Fisika Medik dan atau ketiga-tiganya uih (malah jadi ga konsentrasi ntar). Tapi sebagai Engineer of Physics minimal ke empat bidang di atas dapat diketahui meskipun konsentrasinya ke satu bidang sadja , karena Physics Engineering merupakan All Round Engineering seperti yang diungkapkan Bapak Ir. Praptowidodo, M.Sc (Mantan Dosen T Fisika ITB).

Ya udah sampai ketemu Semester depan . . . . .

Teknik Fisika UGM’ 06

”Stay Awake to Create Useful Instruments”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: