Oleh: akurprihartanto | Agustus 7, 2008

Indonesia vs GeoThermal

Kita tahu bahwa letak Negara Indonesia tercinta sangatlah setrategis. Yaitu diantara dua benua dan dua samudra. Selain itu Indonesia kita berada pada kawasan cincin api (fire rings). Cincin api di sini maksudnya adalah bahwa Ibu Pertiwi kita berada di kawasan gunung berapi yang masih aktif. Ada gunung merapi, slamet, krinci, sumbing dll. Itu mengisyaratkan bahwa di bawah kita tersimpan potensi panas yang luar biasa, yang disebut GeoThermal atau Panas bumi. Menurut Pak mentri, Pak Purnomo, Indonesia tercinta memiliki potensi panas bumi sebesar 27.000 MW yang merupakan 40% dari cadangan panas bumi dunia. Sekarang yang dimanfaatkan baru 993 MW. Nah, sebenarnya gimana sih teknologi untuk mengelola potensi panas bumi ini untuk menjadi energi yang siap konsumsi.

 

Kelebihan geothermal itu apa saja ya ,

Termasuk energi alternative yang terbarukan, artinya dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.

Ramah lingkungan, karena pengubahan energi panas menjadi listrik tidak memerlukan bahan bakar fosil

Indonesia memiliki potensi yang besar, potensi yang akan segera dikembangkan antara lain terdapat pada lapangan Seulawah Agam (NAD), Tampomas, dan Cisolok-Cisukarame (Jawa Barat), Gunung Unggaran (Jawa Tengah), Ngebel Wilis (Jawa Timur), dan Jailolo (Halmahera, Maluku Utara).

 

Namun kenapa perkembangan geothermal masih sangat sedikit untuk sekarang ini, salah satu sebabnya bahawa perlu adanya investasi yang besar untuk membangun power plant geothermal, selain itu belum adanya riset yang mendalam mengenai pemanfaatan geothermal. Yuk mari kita dukung riset tentang geothermal ini, kita harus yakin dengan kemampuan ilmuwan dan Engineer Indonesia. Dengan memberikan keyakinan dan kepercayaan, maka ilmuwan dan Engineer kita akan termotivasi untuk lebih giat mengembangkan sumber energi alternatif ini. . . . . . .

Teknik Fisika UGM at Pertamina Geothermal Kamojang, Jawa Barat

I Love Indonesia . . . . . . . . . Bertahanlah Indonesiaku . . . . . . . .

Ayo kita bangkit. . . . . . . .

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: